Bimbingan dan Arahan Ulama' Tanda Muslim yang Baik




Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda tentang keutamaan mereka:

إِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ إِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَا دِرْهَمًا، إِنَّمَا وَرَّثُوا الْعِلْمَ، فَمَنْ أَخَذَ بِهِ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ



“Para ulama adalah pewaris para nabi. Para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham (harta). Mereka hanyalah mewariskan ilmu. Barang siapa yang mengambilnya sungguh dia telah mengambil bagian yang banyak (menguntungkan).”

(HR. Ahmad, At-Tirmidzi dan Abu Dawud).


Para Ulama sangat berperan penting dalam kehidupan umat ini, mereka adalah adalah kiblat hukum dari umat ini, mereka adalah pewaris para nabi dan untuk menjadi seorang muslim yang baik dan bijak tentu seharusnya kita mentaati ulama'.
Ketaatan kita kepada ulama adalah bagian dari bentuk ketaatan kita kepada Allah dan Rasul-Nya.
Dan betapa indahnya para ulama dan pengikutnya jika seiring sejalan dalam menegakkan kebenaran dan syi'ar agama untuk memberantas sebuah kekeliuran yang di larang dalam islam.

Selain itu ulama juga harus siap menyisihkan waktu untuk menasehati para pengikutnya dalam kebaikan dan pengikutnya juga harus siap mendengar dan meminta nasehat atau pandangannya utntuk kemaslahatan hidup.

Para petinggi negara atau siapapun, akan hilang kemuliaan dalam dirinya, jika tidak menghormati ulama. Sehingga apabila hak-hak para ulama ditelantarkan niscaya hak-hak para penguasa akan hilang pula, dan tentu kemakmuran sebuah negara akan hilang sedikit demi sedikit. Bila hak-hak para ulama dan umara hilang, ummat manusia tidak akan menaati mereka, padahal hidup dan baiknya ulama adalah penentu kehidupan dan kebaikan negara ini. Oleh karena itu, apabila hak-hak para ulama tidak dipedulikan lagi, maka akan hilang hak-hak para umara. Dan ketika hak-hak para ulama dan umara hilang, Maka Tunggulah kehancuran kehidupan dan kemakmuran negara tersebut!”

Maka mulai dari sekarang kita belajar sedikit demi sedikit untuk menjaga kebaikkan para ulama' kita, Untuk lebih meningkatkan rasa cinta terhadap ulama bantulah mereka dalam berbagai permasalahan dunia opini. Sudah sewajarnya sebagai muslim yang baik untuk mengapresiasikan para ulama dalam kehidupan muslim itu sendiri. Jangan hanya karena mengahalalkan semua cara yang di inginkan sehingga harus mengesampingkan pendapat para 'ulama yang jelas-jelas melarangnya. 

0 Response to " Bimbingan dan Arahan Ulama' Tanda Muslim yang Baik"

Posting Komentar