Keistimewaan Wanita dalam Ajaran Islam





Dalam ajaran islam wanita memiliki keistimewaan tersendiri, bahkan keistimewaan wanita melebihi dari seorang laki-laki, jika kita menghitung bahkan tak terhingga memang. Namun ada beberapa beberapa di antaranya yang perlu kita ketahui.

Dalam Al Quran telah banyak mengajarkan kita tentang beberapa kedudukan wanita. Seperti yang kita ketahui, dalam Al Quran terdapat satu surah yang mengatasnamakan wanita, yaitu An Nisa'. bahkan Rasulullah pernah di tanya siapa orang yang harus utama di dahulukan dan di hormati, dengan tegas Rasulullah menjawab "ibumu, ibumu, ibumu, lalu ayahmu" begitu mulianya wanita dalam pandangan islam.

Berikut beberapa keistimewaan wanita dalam pandangan islam

  1.  Wanita yang sholehah itu lebih baik dari 70 orang pria sholeh, dan seorang wanita yang jahat itu lebih buruk dari 1000 pria yang jahat. Oleh karenanya wanita sering di ibaratkan sebagai tiang sebuah negara, jika wanitanya rusak maka rusak lah negara tersebut, peran penting kedamaian sebuah negara sangat tergantung dengan kehidupan wanita di dalam negara tersebut.
  2. Barangsiapa yang menggembirakan anak perempuaannya, ibaratnya seperti orang yang senantiasa menangis karena takut akan Allah, dan orang yang takut akan Allah akan di haramkan api neraka bagi dririnya.
  3. Wanita yang tinggal bersama anak-anaknya senantiasa kelak akan tinggal bersama aku (Rasulullah SAW) di dalam syurga.
  4. syurga itu di bawah telapak kaki seorang wanita (ibu), dalam konteks ini perlu di perhatikan tentang naluri seorang ibu, ibu sangat berperan penting dalam pengurusan keluarganya, kadang ibu mengorbankan semuanya hanya untuk membahagiakan anak-anaknya, kemustajaban doa ibu terhadap anaknya juga tidak terbatas, artinya jika ibu memohon kepada Allah, maka dengan mudah Allah akan mengabulkan, di karenakan keridhaan Allah terdapat pada keridhaan seorang ibu, jika ibu tidak ridha maka tentu Allah juga tidak akan ridha.
  5. Wanita yang taat berkhidmat kepada suaminya, akan tertutup pintu neraka baginya. Wanita yang benar-benar memuliakan suaminya tentu Allah juga akan memuliakannya.
  6. Di saat seorang wanita sedang mengandung janin di dalam rahimnya, dengan senantiasa malaikat akan memuliakannya dengan beristikhfar kepada wanita tersebut, dengan memohon pengampunan 1000 kebaikan baginya. Dan di saat wanita tersebut melahirkan anaknya, maka terapuslah dosa-dosanya seperti bayi yang baru di lahirkannya.
  7. Wanita yang sedang hamil akan dapat pahala berpuasa pada siang hari dan mendapat pahala-pahala beribadah pada malam hari.
  8. Haidnya seorang wanita merupakan tebusan atas dosa-dosanya yang dulu, jika wanita lagi dalam keadaan haid maka senantiasa wanita tersebut akan selalu beristighfar memohon ampun kepada Allah.
  9. Wanita yang sholehah akan terlebih dahulu masuk ke surga dari pada suaminya, seorang istri yang senantiasa membantu suaminya dalam urusan agama maka allah Allah akan meridhai surga kepadanya.
  10. Wanita jika melayani suami dengan penuh keikhlasan akan mendapat pahala 12 tahun shalat. dan jika meninggal dengan keridhaan suaminya niscaya wanita tersebut akan masuk surga. 

Akan jadi apa dunia ini jika tanpa kehadiran seorang wanita. Allah telah menciptakan pasangan yang begitu sempurna untuk hambaNYA, yaitu Adam dan Hawa. pasangan yang di ciptakan dari tulang rusuknya untuk menemani Adam di surga dan di dunia. 

Hadirnya islam sebagai agama yang paling yang benar memang telah merubah harkat dan martabat seorang wanita. Jika pada zaman jahilyah wanita sangat tidak berharga bahkan hidupnya sangat identik dengan kekerasan, dan memilki anak perempuan merupakan aib bagi keluarganya, namun dengan hadirnya islam diri seorang wanita sungguh sangat terjaga, dan bahkan Allah menjamin surga bagi wanita yang taat kepada agamanya Allah SWT.

1 Response to "Keistimewaan Wanita dalam Ajaran Islam"

  1. Terimakasih infonya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2CIfVyR

    BalasHapus