Tiga Cara Bersyukur kepada Allah yang Dikemukakan oleh Para Ulama

Tiga-Cara-Bersyukur-kepada-Allah-yang-Dikemukakan-oleh-Para-Ulama

Berikut ini tiga cara bersyukur kepada Allah yang di kemukakan para ulama’:

1. Bersyukur dengan hati nurani. Hati nurani atau seringkali disebut kata hati selalu bersikap jujur dan benar. Maka, seseorang yang bersyukur dengan hati nuraninya sesungguhnya tidak pernah mengingkari banyaknya nikmat Allah SWT. dari lubuk hati kita yang terdalam sesungguhnya kita dapat menyadari seluruh nikmat yang kita peroleh setiap detik. Hidup kita tidak lain berasal dari Allah SWT, hanya Allah SWTlah yang mampu menganugrahkan nikmatnya pada kita.

2.Bersyukur dengan ucapan. Anggota tubuh yang selalu melafalkan kata-kata adalah lidah. Maka dari itu, pergunakanlah lidah kita untuk melafalkan kata-kata yang baik. Ungkapan yang paling baik untuk menyatakan syukur kita kepada Allah SWT adalah dengan membaca Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda” barang siapa mengucap subhanallah maka baginya sepuluh kebaikan. Barang siapa membaca la ilahaillallah maka baginya duapuluh kebaikan. Dan barng siapa membaca alhamdulillah baginya tiga puluh kebaikan.

3. Bersyukur dengan perbuatan. Cara yang ketiga dilakukan oleh anggota tubuh kita. Allah SWT telah menganugrahkan tubuh dengan fungsi masing-masing dan tiada kesalahan dalam penciptaannya. Oleh sebab itu, kita harus memanfaatkannya untuk hal-hal yang positif dan hal tersebut merupakan salah satu bentuk cara kita mensyukuri nikmatnya. Menurut Imam Al Ghazali ada tujuh anggota tubuh yang harus dimaksimalkan untuk bersyukur. Antara lain: mata, telinga, lidah, tangan, perut, kemaluan dan kaki. Seluruh anggota tubuh tersebut diciptakan Allah SWT sebagai bentuk nikmat bagi kita. Ketujuh anggota tersebut harus kita pergunakan dengan sebaik-baiknya serta hal-hal yang disukai Allah SWT.

Mari kita mulai kehidupan ini dengan senantiasa menyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kita. Sudah terlalu banyak nikmat yang kita dapat Allah SWT, dengan memperbanyak syukur nikmat kita akan semakin bertambah. 
Alhamdulillah wa syukru Lillah.

0 Response to "Tiga Cara Bersyukur kepada Allah yang Dikemukakan oleh Para Ulama"

Posting Komentar