Jadikanlah Al Qur'an sebagai Ketentraman Jiwa





Al Qur'an adalah firman atau wahyu dari Allah SWT yang di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril sebagai pedoman hidup bagi manusia sampai akhir zaman. Alquran merupakan kitab terakhir yang di turunkan oleh Allah setelah Taurat, Zabur dan Injil.

Alquran yang dulunya masih berupa hafalan-hafalan yang ada dalam benak dada para sahabat, dan tulisan pada lempeng-lempeng batu, pelepah kurma dan keping-keping tulang. Kemudian pada masa Umar bin Khattab mulailah terbentuknya pembukuan Alquran.

Susunan ayat-ayatnya yang sangat indah dan rapi, dapat mempengaruhi jiwa bagi pendengarnya. Serta dapat menghilangkan kegelisahan hati seseorang dan menjadikan daya fikir manusia untuk lebih berkreatif, lebih termotivasi dan berinovatif sehingga dapat memberikan kecerdasan bagi manusia untuk lebih memantapkan diri dalam menjalani kehidupan yang lebih baik. Selain itu, Alquran juga sebagai sarana komunikasi antara makhluk dengan sang pencipta (Allah SWT) dengan mengetahui segala kebesaranNya.

Melalui sebuah penelitian Prof. DR. Shalih bin Ibrahim yang merupakan seorang ahli di bidang ilmu kesehatan jiwa. Dia membuat dua kelompok, kelompok yang pertama terdiri dari para mahasiswa dari Universitas Malik Abdul Aziz di Jeddah yang jumlahnya 170 orang, dan kelompok yang ke dua terdiri dari para mahasiswa dari Ma'had al Imam asy-Syatibi li ad-Dirasah al-Qur'aniyyah, filial Universitas al-Khairiyyah Litahfidzil Qur'an al-Karim di Jeddah yang jumlahnya juga sama.

Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa setiap mahasiswa yang memiliki tingkat hafalan yang bagus, dia cenderung memiliki tingkat kesehatan jiwa yang baik. Bahkan dalam sebuah survey yang di lakukan kepada non-muslim yang baru pertama kali mendengarkan ayat Alquran, kebanyakan dari mereka merasa hati lebih tenang setelah mendengarkannya..

Penelitian di atas menunjukkan bahwa Alquran memang memberikan efek yang sangat besar bagi ketenangan jiwa manusia.

Oleh karena itu, saat kita sedang di timpa kesusahan yang begitu berat dalam hidup, yang  seakan membuat kehidupan ini tidak lagi berarti, jadikanlah Alquran sebagai solusi, yang dapat kembali membangkitkan semangat jiwa bagi diri kita dari keterpurukan yang begitu dalam. Allah akan sangat ridho kepada hamba-hambaNya yang senantiasa membaca dan mengamalkan firman-firmanNya. Belajarlah dari sekarang untuk menjadikan Alquran sebagai lentera hidup, sebagai obat dari segala penyakit kesusahan. Jadikan Alquran sebagai kepentingan nomor satu yang akan membela kita saat sakaratul maut. Teteskanlah air mata saat Alquran di lecehkan dan di hina dengan begitu mudahnya oleh orang-orang yang membencinya.

Doakanlah saudara-saudara kita yang lagi berjuang untuk membela Alquran... :'(

Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.  AMIN YA RABBAL 'ALAMIN...

0 Response to "Jadikanlah Al Qur'an sebagai Ketentraman Jiwa "

Posting Komentar